Artikel Guru (9)
Data Siswa (1)
ekstra kurikuler (0)
karya guru (2)
Karya Siswa (11)
Kesiswaan (5)
Pendidikan (1)
Pengumuman (28)
PPDB (8)
Share (1)

















• 13 Februari 2014
AGENDA PPDB 2014/2015


Beranda » Artikel Guru » Sekolah Menabung

Sabtu, 09 Februari 2013 - 09:47:22 WIB
Sekolah Menabung
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Artikel Guru - Dibaca: 607 kali

PENDIDIKAN MENABUNG

 

 

   Sekitar  tahun  1995an Bangsa Indonesia khususnya Pemerintah sudah menganjurkan untuk dapat menyisihkan uang  saku kita untuk menabung. Tetapi entah mengapa sejak itu dan pada akhir – akhir ini sebagian warga sudah tidak peduli untuk menabung daripada membuang uang yang tidak jelas tujuannya. Ini adalah salah satu problematika social terutama dalam dunia pendidikan dan tugas bagi kita semua harus dapat mencari JALAN KELUAR dengan membangkitkan kembali jiwa gemar menabung.

Salah satu jawabannya adalah ada pada diri kita masing-masing. Apakah mau mengikuti anjuran pemerintah atau  mengikuti isi hati kita. Tetapi kalau kita cermati bersama akhir – akhir ini bermunculan Bank-Bank  Negara atau Swasta misalnya Bank Jatim. Saya yakin Bank Jatim siap untuk membantu kita warga Indonesia  terutama anak didik kita untuk dapat menyisihkan uangnya di Bank  tersebut. Dengan programnya  Bank Jatim siap melayani kita warga Jawa Timur khususnya dunia pendidikan di SD Khadijah dan kembali lagi kepada diri kita secara individu  terutama orang tua apakah siap untuk mengikutsertakan putra-putrinya untuk gemar menabung.

Untuk itu kita akan mencoba dan  mengulang kembali anjuran pemerintah itu melalui dunia pendidikan anak khususnya di Indonesia untuk rajin menabung demi tercapainya cita-cita bangsa untuk adil dan makmur. Dan melatih bagi anak didik kita untuk hemat dalam artian tidak selalu boros dalam menggunakan rupiah.

Mari kita galang  Pendidikan Menabung bagi anak didik kita dalam dunia pendidikan mulai sekarang. Dengan  menggunakan satu cara yaitu  Lesson Plan Pendidikan Menabung dengan beberapa tahapan yaitu :

Standar Kompetensi     :      Paham arti menabung

Kompetensi Dasar        :      Mengenal cara-cara menabung

Indikator                      :      Mengidentifikasi arti menabung dan alasan-alasannya

Tujuan Menabung         :      Belajar Hemat

Materi Pokok               :      Pendidikan Menabung

Metode Pembelajaran   : -    Metode informasi

-         Metode observasi

-         Metode tanya jawab

Langkah-langkah          :

Kegiatan awal               :     Guru memberikan apersepsi melalui tanya jawab

Kegiatan inti                 :

1.      Siswa  membaca buku panduan

2.      Siswa menyebutkan arti menabung

3.      Siswa menyebutkan tujuan menabung

4.     

  2

 
Siswa menjelaskan manfaat dari menabung

Kegiatan akhir              :

1.      Siswa melatih kegiatan menabung sendiri

2.      Guru memberikan anjuran atau arahan untuk menabung di Bank supaya aman.

Pendidikan Menabung  merupakan salah satu usaha   untuk mendidik anak didik kita guna mengurangi beban orang tua dalam menanggulangi kebutuhan yang tiba-tiba perlu.  Dengan adanya pendidikan menabung inilah kita dapat menentukan arah para siswa, putra - putri kita  untuk menentukan masa depan yang lebih baik.

Pendidikan Menabung  adalah salah satu tema yang bagus sekali untuk diterapkan di dunia pendidikan anak demi menggugah jiwa anak untuk selalu rajin menabung . Apalagi dalam suasana dan kondisi  seperti sekarang ini, dimana  semua orang tua sedang ramai – ramai  memikirkan dana untuk pendidikan putra – putrinya guna dapat sekolah yang lebih tinggi , terutama berharap dapat mencapai cita-cita yang diharapkan oleh orang tua itu sendiri. Selain itu juga dapat dijadikan tabungan masa depan anak itu sendiri.

Salah satu cara, kita harus memberikan  informasi tentang arti atau memberikan pengertian dari menabung kepada anak didik kita . Secara  perlahan kita memberikan masukan gimana sih cara menabung yang baik itupun harus kita lakukan berulang-ulang agar anak didik kita betul – betul mengerti arti dari menabung . Bahwa arti menabung adalah menyimpan sesuatu yang berharga dalam hal ini uang  . Yang  nantinya uang tersebut dapat digunakan kemudian hari. Selain itu melatih kita khususnya ( siswa ) untuk belajar hemat dan tidak boros dalam menggunakan uang tersebut. Dari sinilah anak-anak dapat mengerti apa arti dari menabung. Setelah itu kita mengadakan intervieu / tanya jawab.

Dalam hal ini kita harus bisa mengarahkan anak didik kita  dalam kegiatan menabung dengan baik, bagaimana sih cara menabung yang baik ? dimanakah dapat menabung yang aman supaya tidak hilang dan tidak habis untuk dibelikan sesuatu ? tanggung jawab kita adalah mengadakan observasi atau terjun kelapangan dan harus bisa membawa anak didik kita ke tempat sesuatu yang dijadikan sumber agar anak didik kita tahu dimana dapat menyimpan uang yang baik dan aman yaitu di Bank. Dari sinilah anak didik kita bisa tahu kalau tempat menyimpan uang yang aman  di Bank.

Dapat kita ajarkan dengan prosedur yang berlaku anak didik kita untuk bisa mendaftarkan diri sebagai konsumen atau nasabah. Dan kita harus optimis bahwa anak tersebut dapat belajar mandiri demi kesuksesannya.

Dengan bimbingan dan arahan guru murid sudah memahami arti  menabung. Yang perlu kita tekankan disini adalah tujuan dari menabung itu sendiri. Yaitu dengan memberikan satu contoh cara menabung sederhana. Misalnya menabung di rumah dengan memakai kotak tabungan dari plastik dan sebagainya. Hal ini dapat dikatakan juga cara  kita agar anak didik dapat menabung. Dan uang yang sudah tersimpan didalamnya tidak boleh dikeluarkan. Dari situlah kita memberikan penjelasan tujuan dari menabung secara singkat bahwa dengan menyisihkan sebagian uang jajan kita (siswa) untuk ditabung maka kita akan hemat dan tidak  boros.

  3

 
Dalam beberapa penelitian yang pernah saya lakukan dilapangan tidak mudah membujuk anak   untuk dapat menabung tanpa adanya kesadaran dan latihan anak itu sendiri . Hal ini juga dapat ditinjau dari perkembangan  jiwa anak dan pergaulan sosial  yang  senang  belanja dengan menggunakan uang yang diberi oleh para orang tua demi mengikuti nafsu dan meniru teman – temannya untuk memenuhi keperluannya.  

Masih berat tugas kita sebagai guru atau orang tua untuk dapat mengembalikan sistem kepercayaan jiwa anak agar  kembali cinta menabung.

Untuk itu kita harus dapat memberikan contoh yang lebih kongret lagi guna mengembalikan kepercayaan  dan kesadaran kepada anak untuk senang menabung.

Yang lebih kita utamakan disini adalah memberikan pelajaran tambahan diluar sekolah dengan  membawa anak didik  kita ke Bank sekaligus belajar menjadi nasabah Bank. Dari pengalaman ini kita yakin anak didik kita akan senang dan senang menabung. Dan tidak menutup kemungkinan anak tersebut dapat memberikan contoh kepada teman –teman yang lain untuk dapat meniru dirinya yang sedang melakukan kegiatan belajar menabung. Dengan pengalaman yang diperoleh  pula anak tersebut dapat  mengerti apa tujuan dan manfaat menabung di Bank.

Perlu ditegaskan sekali lagi masih tanggung jawab kita bersama untuk selalu menerapkan kepercayaan  kepada anak didik kita  untuk selalu  senang menabung  . Untuk mengetahui hasil dari yang pernah kita berikan, kita harus mengadakan tanya jawab.  Sebagai sumber  untuk tanya jawab tersebut, kita ambil dari hasil informasi dan observasi yang telah kita berikan.  Metode – metode seperti  memberikan informasi, mengadakan observasi, dan mengadakan tanya jawab inilah yang kita pakai untuk mempercepat proses  pengertian   jiwa anak untuk mengerti dan tahu manfaat dan pentingnya Pendidikan Menabung se usia mereka dan hasilnya dapat kita kembalikan  kepada  siswa dan orang tua   .

Terpaksa kita harus terus berusaha agar anak kita dapat meneruskan cita – cita dan anjuran Pemerintah dengan Program Rajin Menabung melalui  dunia Pendidikan Menabung. Dari  sekian anak didik kita  saya yakin dan optimis ada diantara mereka yang dapat menabung dengan baik dan berusaha untuk memberikan contoh yag terbaik bagi teman – teman lain di manapun mereka berada.

 Mudah-mudahan bagi anak didik kita yang mengerti  tujuan dan manfaat dari menabung  itu sendiri dapat dijadikan pelajaran dan pengalaman guna masa depan mereka. Saya kira inilah cara usaha kita dalam mengajak , membina, membimbing dan juga memberikan contoh yang baik dan maksimal.

Setelah kita berusaha keras dengan tenaga dan pikiran dan dengan tidak mengurangi rasa percaya diri kepada anak didik kita atau terhadap anak kita, saya berharap kita semua berupaya untuk dapat mengambil manfaat dari pelajaran ini semua.

  4

 
Dan saya mengucapkan kepada Bank Jatim banyak terima kasih  dan mudah-mudahan tetap jaya dan memberikan palayanan yang terbaik bagi Nasabah. Khususnya SD Khadijah.

 Apabila ada suatu yang tidak berkenan  atau kata-kata yang salah kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.                                                                                                                                       

 

 

 

Oleh :

Achmad Tohir,S.Ag

SD Khadijah Jl A.Yani 2 -4 Surabaya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



3 Komentar :

calon presiden RI
07 Februari 2014 - 14:17:10 WIB

Pemilu 2014 jangan golput
elektabilitas capres 2014
08 Februari 2014 - 13:09:32 WIB

Berita yang sangat menarik.. kami menunggu pastingan yang selanjutnya
Harga mobil bekas Surabaya
17 April 2014 - 10:58:16 WIB

Mari bangun Indonesia Lebih Baik dengan bersatu
<< First | < Prev | 1 | Next > | Last >>

Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 


Langganan RSS





/ /


April, 2014
MSSR KJS
  12345
6789101112
1314151617 1819
20212223242526
27282930   





092375

Pengunjung hari ini : 12
Total pengunjung : 24818

Hits hari ini : 26
Total Hits : 92375

Pengunjung Online: 1





Apa Browser Favorit Anda?

Internet Explorer
Mozilla Firefox
Google Chrome
Opera

Lihat Hasil Poling